free page hit counter

Banyaknya Rempah-Rempah Di Indonesia

Rempah-rempah merupakan bagian dari tumbuhan yang memiliki aroma dan berasa kuat yang dipakai dalam jumlah kecil untuk pelengkap masakan nusantara sebagai pengawet maupun perisa dalam masakan. Terkadang, rempah-rempah ini dibedakan dengan tanaman lain yang dipakai untuk tujuan yang mirip, misalnya seperti tanaman obat, sayuran yang beraroma serta buah kering.

rempah rempah diindonesia
rempah rempah diindonesia

Masakan nusantara yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini juga sangat terkenal akan kelezatan rasa dan juga aromanya. Adapun kunci kekuatan rasa tersebut terletak pada bumbu serta rempah-rempah. Tidak hanya kaya akan bumbu, rempah-rempah yang dimiliki negara Indonesia ini juga menjadikan tumbuh subur. Adapun semua rempah-rempah ini jika ditanam di Indonesia tentu hasilnya juga sangat baik. Indonesia ini juga mudah dijajah negara lain sebab adanya faktor hasil rempah-rempah yang melimpah.

Di negara Indonesia yang sangat terkenal akan kekayaan rempah-rempah, maka tidak heran jika banyak rempah-rempah yang dihasilkan di negara kita, yang diantaranya ialah : Ketumbar, Cengkih, Lada, Merica, Kayumanis, Kencur, Jahe, Pala, Bawang Merah, Bawang Putih, dan Bawang Bombay, Kemiri, Jintan, Kapulaga, Cabai, Bangle, Asam Kandis dan Asam Jawa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Akan tetapi, dari nama rempah-rempah yang ada di Indonesia, ada beberapa rempah-rempah yang paling populer untuk masakan nusantara antara lain :

Lada atau Merica

Lada atau merica ini paling banyak dihasilkan di provinsi Lampung yang merupakan penghasil terbesar lada putih dan hitam.

Cengkih

Cengkih ini merupakan rempah-rempah yang dihasilkan Provinsi Maluku yang merupakan penghasil terbesar. Selain itu, provinsi Ambon juga memproduksi Cengkih namun tidak sebesar dari Maluku.

Jahe

Kehangatan dari jahe ini juga sangat populer di benua Eropa. Jahe ini bisa tumbuh subur di semua wilayah yang berada di Indonesia.

Bawang

Bawang adalah salah satu tanaman sayuran yang menjadi menu pokok hampir untuk semua masakan nusantara dengan fungsi untuk penyedap masakan. Adapun daerah penghasil bawang ini banyak terdapat di daerah Kalimantan Barat dan juga Kalimantan Selatan.

Cengkeh

Cengkeh merupakan rempah-rempah purbakala yang di kenal dan di pakai ribuan tahun sebelum masehi. Adapun pohonnya ini merupakan tanaman asli kepulauan Maluku yang pada jaman dahulu dikenal para penjelajah sebagai Spice Islands. Adapun cengkeh ini juga pernah menjadi salah satu rempah yang sangat popular dan mahal di Eropa yang dijual melebihi harga emas. Adapun daerah penghasil cengkeh ini juga banyak di jumpai di Jambi, Jawa, Kalimantan, Maluku, Papua, NTT, Riau, Sulawesi, Sumatera serta Yogyakarta.

Kayu Manis

Ada salah satu studi yang menemukan bahwa dengan menambah kayu manis ini ke dalam masakan nusantara khusunya pencuci mulut bisa menekan kadar gula darah tanpa harus menghilangkan rasa yang manis. Selain itu, kayu manis juga banyak di jumpai di daerah Jambi, Yogyakarta serta Sumatera Barat.

Lada

Tanaman lada sekarang ini juga banyak ditanam di Indonesia yang ada kemungkinannya berasal dari India. Karena di tahun 110 Sebelum Masehi hingga 600 Sebelum Masehi ini banyak koloni Hindu yang datang ke pulau Jawa. Mereka inilah yang diperkirakan membawa bibit lada ini ke pulau Jawa. Selain itu, daerah penghasil lada di Indonesia antara lain ialah Aceh, Jambi, Kalimantan, Lampung, NTB, Sulawesi, Sumatera dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Incoming search terms:

  • lada kayu manis cengkeh pala kemiri berasal dari provinsi indonesia
Chat WA Dengan Kami - Ms Shinta