Jajanan Pasar Kue Tradisional yang Ada Di Pasar

putu ayu
putu ayu

Negara Indonesia memang sangat kaya akan beragam masakan nusantara serta jajanan yang sangat enak yang tentunya lezat. Adapun jajanan ini di buat dengan cara yang tradisional yang kerap di temui di pasar tradisional sehingga biasa di sebut dengan kue jajanan pasar. Pada zaman dahulu, kue-kue ini di buat hanya untuk pada acara tertentu. Dan di dalam adat jawa, selain nasi tumpeng jajanan pasar ini di sajikan dalam acara tertentu maupun pada saat hajatan. Akan tetapi untuk sekarang ini, kue tradisional ini juga sudah bisa dengan mudah kita jumpai di pasar untuk camilan, arisan, sajian tamu dan lainnya. Berikut beberapa jenis jajanan pasar kue tradisonal yang sering kita jumpai di pasar.

Lemper

Lemper merupakan salah satu jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan yang di dalamnya di isi abon sapi maupun daging baik daging ayam atau ikan yang kemudian dibungkus menggunaan daun pisang. Lemper ini memiliki rasa yang gurih, sebab ketannya dimasak dengan campuran santan kelapa.

lemper
lemper

Wajik

Wajik ini merupakan salah satu jajanan yang pada jaman dahulu sebagai pendamping nasi tumpeng pada saat ada hajatan. Akan tetapi, untuk saat ini makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan serta gula merah ini juga sudah banyak di jumpai di pasar tradisional.

wajik
wajik

Klepon

Selanjutnya, klepon ini merupakan jajanan pasar traadisional yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bulatan kecil yang diisi dengan gula kelapa yang kemudian direbus ke dalam air yang mendidih kemudian disajikan dengan parutan kelapa. Terkadang klepon ini di beri pewarna warna hijau, untuk itu, perlu ditambahkan pewarna alami yang di peroleh dari daun suji maupun daun pandan.

kelepon
kelepon

Cenil

Cenil ini merupakan jajanan masakan nusantara yang memiliki tekstur kenyal dan juga manis, adapun bentuk dari cenil ini juga warna-warni. Selain itu, dengan adanya tambahan parutan kelapa semakin menjadikan cenil ini lebih enak untuk disantap.

Cenil
Cenil

Gethuk Lindri

Jajanan pasar tradisional yang berbahan utama singkong ini juga sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat luas Indonesia utamanya yang berada di jawa. Getuk lindri ini juga merupakan kue khas nusantara yang berasal dari kota Magelang serta Jogja yang sering dijadikan oleh oleh khas.

Gethuk lindri
Gethuk lindri

Putu Ayu atau Putri Ayu

Jajanan kue tradisional yang selanjutnya ialah putu ayau atau yang di sebut putri ayau yang merupakan salah satu  jajanan pasar yang sampai sekarang ini masih populer. Kue ini mempunyai tampilan warna yang sangat cantik, yakni hijau dan juga putih dari kelapa yang telah diparut.

putu ayu
putu ayu

Kue Lumpur

Jajanan masakan nusantara yang sangat khas selanjutnya ialah kue yang memiliki tekstur lembut dengan aroma pandan serta vanili yang menjadi kelebihan utama dari jajanan ini sehingga banyak sekali digemari.

kue lumpur
kue lumpur

Onde Onde

Onde onde memiliki bentuk bulat dengan balutan wijen yang hampir mirip kue wijen namun memiliki ukuran yang lebih besar serta rasanya sangat empuk dan juga manis. Dan salah satu yang sangat khas dari kue enak ini ialah di bagian dalam kue yang berisi kacang hijau yang menjadikan kue onde onde ini akan terasa nikmat. Di negara malaysia onde onde ini juga sering disebut dengan kue buih dengan isi kelapa maupun kacang.

onde onde
onde onde